Menabung Itu Keren

MENABUNG secara sederhana merupakan langkah menyisihkan sebagian dana dari penghasilan untuk disimpan, baik disimpan di rumah, bank, maupun media lain. Kebiasaan menabung baiknya diperkenalkan sejak kecil, supaya kebiasaan tersebut tertanam kuat,namun pada kenyataannya tidak mudah untuk dilaksanakan dengan disiplin.

Kenapa kita berusaha kuat untuk menabung. Karena banyak manfaat yang didapat ketika kita berdisiplin menabung.

Adapun manfaat menabung adalah sebagi berikut

1. Melatih Hidup Hemat

Atur dan rencanakan keuangan kita. Penghasilan yang kita terima, baik itu berupa gaji, keuntungan jual beli, dan pendapatan lainnya, diatur sedemikian indah agar setelah dibelanjakan baik kebutuhan rumah tangga, dan biaya lainnya kita ada sisa. Supaya lebih mudah, pastikan kita anggarkan dari pendapatan kita, mungkin 10 % ditabung. Maka kita akan memutar 90% untuk biaya-biaya yang dipandang perlu dikeluarkan.

2. Menabung meningkatkan liquiditas aset kita

Pertimbangan yang perlu diperhatikan adalah adanya kebutuhan bersifat mendesak. Dalam situasi seperti ini, lebih nyaman dan mudah mana yakni menjual property, berhutang atau menggunakan dana tabungan. Sudah pasti kita lebih memilih menggunakan dana tabungan. Selain cepat, tentunya banyak pertimbangan lainnya.

3. Melatih Hidup Bersabar

Dizaman sekarang, dimana sifat konsumtif sangat terasa. Perubahan teknologi mempengarugi berbagai sendi kehidupan. Kebiasaan kurang baik bagi kita adalah menginginkan sesuatu secara instan, yakni ingin segera punya. Hal ini membuka keinginan untuk berhutang baik perorangan atau melalui kredit di lembaga keuangan. Kalo kebiasaan ini tidak terkontrol hal terburuk adalah terganggunya casflow keuangan kita. Lain ceritanya seandainya kita bisa besabar sedikit. Sesuatu keinginan, baik berupa barang atau jasa dan lainnya, kita bersabar dengan jalan menabung, tentunya itu akan lebih baik.

4. Melatih Hidup Sederhana

Kebiasaan menabung, secara perlahan dan pasti menuntun kita hidup lebih sederhana. Dalam arti kita akan mengatur sedemikian rupa pengeluaran kita dan kita lebih membeli sesutu yang dibutuhkan. Inagt saudara, belilah itu karena kebutuhan, bukan keinginan. Banyak uang terbuang dengan percuma dan kurang bermanfaat saat diri kita tidak terkontrol dan tidak bisa bijak, apakah itu kebutuhan atau hanya keinginan. Gaya berbanding lurus dengan tekanan, hidup semakin banyak gaya, siap siap banyak tekanan.

Dan masih banyak manfaat menabung untuk kita sendiri dan keluarga kita. Mari bijaksanalah mengatur keuangan kita, biasakan menabung di awal. Karena cukup berat dan tidak ada jaminan kita masih ada sisa.

Kami, KSPPS Nururrohmah Al Barokah siap menjadi mitra Saudara dalam memenej keuangan Saudara. Nikmati produk Tabungan dari kami, insya Allah kami siap memberikan yang terbaik untuk Saudara.

Dari berbagai sumber

(Edi Purwanto)

Layanan Chat KSPP Nururrohmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *