Kolaborasi BMT Nururrohmah, al Amin dan Lazismu

Sedekah merupakan salah satu ajaran agama Islam yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Sedekah tidak hanya berupa pemberian harta atau uang, namun juga dapat dilakukan dengan memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan. Sedekah makanan ini biasanya dilakukan pada hari Jumat, yang dikenal sebagai Sedekah Nasi Jumat.

Di Indonesia, kegiatan Sedekah Nasi Jumat sudah menjadi budaya dan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat. Banyak lembaga atau organisasi yang turut serta dalam kegiatan ini untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Tidak sedikit pula yang berkolaborasi untuk menggapai lebih banyak masyarakat yang membutuhkan seperti kolaborasi antara BMT Nururrohmah, BMT Al Amin, dan Lazismu Ayah.

BMT Nururrohmah dan BMT Al Amin adalah dua lembaga keuangan mikro yang berbasis di Kebumen, Jawa Tengah. Kedua lembaga ini telah lama berkecimpung di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil, terutama di daerah pedesaan. Selain berbasis pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan BMT juga memiliki sisi sosial yang mana alah satu program unggulannya adalah program Sedekah Nasi Jumat.

Sementara itu, Lazismu Ayah merupakan lembaga zakat yang berfokus pada penyaluran bantuan ke masyarakat yang membutuhkan, khususnya di daerah Kebumen dan sekitarnya. Dalam kolaborasi ini, Lazismu Ayah mengirimkan team untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi para Jamaah Shalat Jumat yang merasa kurang sehat.

Kolaborasi ini diharapkan bisa dilakukan terus dan diikuti oleh lebih banyak Lembaga sehinga bukan hanya sedekah Nasi Jumat dan Chek kesehatan saja yang ada tapi bisa lebih, sehingga masyarakat bisa mendapatkan lebih banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *