Training Water Rescue Management

Laz MKU mengadakan pelatihan Water Rescue dengan sasaran BMT anggota Laz MKU yang berada di Jawa Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Agustus 2022 ini bertempat di lembah Mangu Magelang yang memang pas untuk pelatihan Water Rescue, menimbang adanya camping ground dan juga sungai untuk pelatihan maupun untuk rafting.

BMT Nururrohmah yang berada di daerah yang rawan banjir mengirim 1 orang staff perwakilan, bersama BMT al Amin dan BMT USM yang masing-masing mengirim 3 orang dan 1 orang serta 1 Orang lain dari BMT Bina Insani menjadi salah satu regu yang menjadi highlight karena mengirimkan 2 srikandi BMT.

Team Kebumen

Kegiatan diisi dengan materi pada hari Jumat 26 Agustus dari pukul 14.00-22.00 dan pelatihan praktek di sungai pada hari Sabtu 27 Agustus pada pukul 07.00-12.00.

Pelatihan materi di fokuskan kepada apa saja yang harus dilakukan ketika bencana datang. Baik dari pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Pra bencana dilakukan dengan edukasi masyarakat yang tinggal di rawan bencana dan menyesuaikan dengan bencana yang mereka hadapi hal ini bertujuan agar bisa meminimalisir kerugian yang dialami oleh masyarakat. Saat bencana datang langkah2 apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat, hal ini sangat penting untuk mempermudah evakuasi dan juga menghindari kehilangan yang berlebih apalagi sampai jatuh korban.

Asesmen menjadi langkah pertama ketika datangnya bencana sehingga memudahkan para relawan untuk membawa apa yang diperlukan baik itu alat maupun logistik yang diperlukan. Adapun pasca bencana adalah upaya recovery dimana para relawan gabungan diharapkan bisa memberikan ilmunya kepada masyarakat dan menjadi “psikolog” kepada para korban untuk meringankan beban batin yang mereka hadapi.

Pemberian materi tentang kebencanaan

Hari terakhir ditutup dengan pelatihan langsung yang dilaksanakan di sungai. Materi yang diberikan adalah perawatan perahu karet, mendayung perahu, membalikan perahu yang terbalik, mengangkat korban ke atas perahu dsb. Pelatihan langsung yang berlangsung selama 5 jam ini diharapkan bisa menjadi dasaran bagi para peserta sehingga ketika menghadapi bencana bisa membantu para korban.

Peserta Water Recue

Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Yang Arinya: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Thabrani, Al-Mu’jam al-Ausath, juz VII, hal. 58, dari Jabir bin Abdullah r.a.. Dishahihkan Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam kitab: As-Silsilah Ash-Shahîhah)

Bermanfaat bagi orang lain banyak sekali yang bisa kita laksanakan, salah satunya adalah bersiap untuk menolong orang lain ketika terjadi bencana, Kami dari Laz MKU mempersiapkan para relawan untuk bisa dan siap siaga menghadapi bencana yang akan terjadi salah satunya yaitu bencana banjir yang memang sering kita jumpai di sekitar kita.

Semoga ketika bencana datang kita bisa meminimalisir jumlah kerugian dan bisa menolong sesama. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *