Sedekah Nasi Jumat

Assalamualaikum wr wb

Sedekah adalah suatu amal ibadah yang sangat disukai oleh Allah swt dan diberikan balasan yang besar bagi yang menjalankannya, baik itu pahala maupun rezeki penggantinya. Hal ini diterangkan di surat Al-Baqoroh ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui.”

Pahala yang didapatkan ketika sedekah akan dilipatkangakan ketika kita bersedekah di hari jumat seperti hadits yang diriwayatkan oleh imam syafi’i :

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

BMT Nururrohmah yang merupakan salah satu lembaga yang berjuang di jalan perekonomian syariah memiliki program bernama Sedekah Nasi Jumat (SNJ) yang bertujuan untuk memfasilitasi umat muslim untuk bersedekah di hari jumat dengan mudah tanpa perlu repot cukup dari rumah saja.

Penyaluran (tasharuf) Sedekah Nasi Jumat pada 9 September 2022 bertempat di masjid Ar-Ridho yang beralamat di Klopogondo kecamatan Gombong Kebumen dengan jumlah nasi yang di-tasharuf-kan yaitu 120 box nasi.

BMT Nururrohmah bekerjasama dengan para mitra dan para donatur untuk selalu memberikan yang terbaik untuk program Sedekah Nasi Jumat ini.

Sedekah Nasi Jumat dilakukan di masjid-masjid yang memang jarang ada program untuk memberikan sedekah kepada para jama’ahnya. Harapannya setelah adanya BMT Nururrohmah datang bersedekah nasi akan ada pihak lain baik itu lembaga ataupun perorangan yang bersedekah nasi di Masjid tersebut sehingga menjadi ladang pahala bagi para donatur.

Tasharuf dilakukan secara langsung setelah selesai shalat jumat, menyesuaikan dengan tradisi masing-masing masjid dimana di masjid Ar Ridho, keluarnya jama’ah kebanyakan setelah selesai wirid berjamaah.

BMT Nururrohmah selalu berusaha meningkatkan jumlah nasi yang dibagikan kepada jamaah dengan membuka donasi sebesar-besarnya. Caranya pun dipermudah hanya dengan scan QR Code di bawah maupun bank transfer ke rekening yang di atas.

Sangat mudah di zaman sekarang untuk bersedekah di hari jumat hanya dari rumah tinggal scan QRIS. Ayo bergabung bersama BMT Nururrohmah menyebarkan kebaikan seluas-luasnya.

Wassalamualaikum wr. wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *