MPD PBMTI Kab. Kebumen Sukses Menyelenggarakan Diklat Marketing

Majelis Pengurus Daerah Perhimpunan BMT Indonesia Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Diklat Marketing dengan tema “Membentuk Karakter Unggul SDI Marketing BMT”. Acara tersebut diikuti oleh 23 Koperasi, 20 adalah berdomisili Kabupaten Kebumen sementara 3 koperasi dari Kabupaten Purworejo.

Kegiatan berlangsung di Hotel Mexolie Kebumen pada hari Sabtu 24 September 2022. Hadir dalam kesempatan tersebut Pengurus MPD PBMTI Kebumen sebagai panitia Bapak Ahmad Sugandi, SE,ME dan Bapak Edi Purwanto serta Bapak Rury Febriyanto, SE, M.M Dirut PT. Permodalan Ventura Syari’ah selaku narasumber Diklat.

Dalam sambutannya, panitia menegaskan pentingnya seorang marketing yang unggul. Dimana kompetisi semakin ketat, tidak hanya menguasai teknologi, ilmu pemasaran.. namun penting juga dimiliki oleh marketing adalah karakter yang baik.

Pemaparan materi oleh Bapak Rury Febriyanto dengan dimoderatori oleh Bapak Ahmad Sugandi dinikmati antuasias peserta. Ada 2 sesion, pertama dari pukul 10 sd 12 pembahasan karakter. Sesion kedua, setelah ISOMA sd pukul 15 WIB dengan pembahasan Kreatifitas dan Konsumen.

Marketing Unggul harus memiliki

Berkarakter

Dimana karakter merupakan tindakan seseorang yang bersifat spontan. Dengan karakter yang terus digali dan karakter yang baik, akan menghindarkan seseorang dari perbuatan yang tidak baik. Ujian atau godaan seorang marketing adalah kegiatan itu sendiri. Maka jangan terjadi pada diri marketing yakni perbuatan fraud. Maka hasil dari sebuah karakter adalah kejujuran. Dengan kejujuran tersebut seseorang akan menghindari perilaku kecurang.

Kreatif

Kreatif adalah proses mental yang menghasilkan gagasan baru. Seorang marketing mampu menggali dan mencari ide ide baru. Kreasi untuk mengembangkan pemasaran. Termotivasi untuk tercapai akan target yang di embannya.

Konsumen

Pendekatan yang menempatkan pelanggan diawal, tengah dan terakhir.

Dalam memasarkan prodak-prodak baik simpan maupun pembiayaan seorang marketing, semua itu mudah diterima oleh konsumen. Marketing Unggul menciptakan konsumen – konsumen yang loyal, dan ini akan tercipta oleh layanan yang baik, awal, tengah dan akhir. Bagaimana mengunggah kebutuhan dan bagaimana menawarkan pemenuhan.

Acara Diklat diakhiri doa dan foto bersama. Semoga Diklat tersebut memberikan motivasi dan berguna untuk koperasi dan diri peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *